Langsung ke konten utama

Bedah Radiologi.. Mantap


Akhirnya.. punya kesempatan juga buat nulis lagii. Horaaayyyy

Gak kerasa, teryata sudah sebulan saya melewati hari-hari di Bagian Bedah dan Radiologi.
MANTAP,KEREN, SERU….. sungguh sangat MENYENANGKAN

Dibagian ini bisa dapat sangat banyak sekali ilmu, pelajaran, pengalaman dan masih baaaaanyak lagi.. LUAR BIASA 

Kalo udah ada dibagian ini terasa jadi orang paling sibuk… (sibuk nyari kucing tapi….. hehehe). Nah kita bagi-bagi pengalaman aja

Di bagian bedah radiology itu kita dibagi jadi empat kelompok, ada kelompok Rumah Sakit, Radiologi, Skill Lab dan Bagian bedah. Kita bahas satu-satu

Pertama di bagian rumah sakit. Dirumah sakit anak-anak bagian bedah ngapain ya?? Maen tentunya..(jangan lapor sama dokternya ya..). Disini kita lebih banyak mengikuti kegiatan yang ada di RSH, mulai dari bersih-bersih kandang, ikut kegiatan pemeriksaan kalo ada pasien, bisa juga melakukan perawatan hewan. Banyaklah yang bisa dilakuin disini. Anak-anak penyakit dalam so pasti tau banget kegiatan yang ada di RSH. (tips: manfaatkan waktu di RSH buat bersenang-senang).

Setelah dari RSH kita bakalan pindah ke Radiologi. Radiologi itu jadi tempat paling eksklusif di bedah, tempat paling nyaman…. Tapi disana kita akan tidak mengetahui pergantian siang dan malam, kenapa? Karena tempat ini salah satu tempat yang paling sibuk dibedah. Satu hari diradiologi terasa sangat cepat. Tapiiii…. Tempat ini juga jadi tempat yang paling seru, kita bisa belajar Rongen dan USG.  Benar-benar seru lah. Semuanya harus bisa kita kerjakan sendiri, dulu yang pas kuliah cuman dijelasin doang, sekarang bisa kita coba2 sendiri….. asik lah. Pokoknya jadi tempat yang sangat dan sangat berkesan. 

  Trusssss.. setelah seminggu diradiologi, kita bakalan pindah ke Skill lab. Tempat yang butuh pemahaman teoritis yang tinggi. Disini Kita belajar pemahaman tentang penunjang tindakan bedah yang kita lakuin, mulai dari pemberian obat anastesi, pemeriksaan2 laboratorium dan masih banyak lagi. Selain pemahaman kita juga dilatih skillnya nih.. mulai dari pemasanagan IV Cateter, Cateter Urine, tehnik pembiusan, pengambilan darah, penanganan hewan, pokonya banyak lah…. 

Trus-trus bagian terakhir nih.. di bagan bedah.. Wuisss… ini tempat yang paling menyita mental dan tenaga.. Tenaga buat nyari kucing yang lagi sakit dan butuh pembedahan… kepikir tuh susahnya minta ampun.. (kalo kucing yang butuh tindakan bedah bisa ngelapor gtu ya??).. dan yang paling menyedihkan adalah ketika kucing yang sudah cape2 kita cari.. ditolak karena berbagai alasan… . benar-benar ngejatuhin mentall (lebayyyy).. apalagi kita dikejar deadline laporan, presentasi dan lin sebagainya.. mantap dah.. tapi walau begitu, tetap seruuuuuu…. 

Bagian bedah memang tempat yang lumayan sibuk tapi sangat menyenangkan.. manfaatkan untuk benar2 belajar saat ada di bagian bedah radiologi…..
Selamat Berjuang semuanya…….. 

(Tips nyari kucing: ……. ????? ,,,,,,, susah nyari kucing buat bedah, penulis jga gak dapat kucing, dapatnya dari hibah.. heheheh….)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asidosis Metabolik pada Ruminansia

Pendahuluan Asidosisadalah suatu kondisipatologisyang berhubungandengan akumulasiasam ataumenipisnyacadangan basa dalamdarah dan jaringantubuh, danditandai dengan konsentrasiion hidrogen yang meningkat.  Asidosis metabolik pada hewan ruminansia dapat terjadi pada sapi potong maupun sapi perah yang diberikan pakan yang mengandung karbohidrat yang mudah di fermentasi (Greenwood dan McBride 2010).
Mikroba Anaerobikdalamrumen dansekum akan melakukan fermentasikarbohidrat untuk menghasilkan VFA (Volatil Fatty Acid)danlaktat. Hewan ruminansia akan menyerapasamorganik darirumen danusus untuk metabolismeoleh jaringan. Saat pasokankarbohidratmeningkattiba-tiba(yaitu,saat menggunaan konsentrat yang memiliki kandungan pati yang tinggi), pasokan jumlah asamdanprevalensilaktatakan mengalami peningkatan. Biasanya,laktatadadalam saluran pencernaandalam konsentrasi yang rendah, tetapi ketika pasokankarbohidrat meningkat dengan tiba-tiba maka jumlah laktat akan menumpuk. Adanya penumpukan asam yang tiba…

Dokter hewan

Dokter Hewan..... 
Tidak terasa menyandang status ini sudah lebih dari satu tahun
Sungguh sangat luar biasa

Dokter hewan (disebut juga medik veteriner) adalah dokter yang menangani hewan dan penyakit-penyakitnya. Selain bertanggung jawab terhadap kesehatan hewan (keswan), dokter hewan juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan hewan (kesrawan) serta kesehatan masyarakat veteriner (kesmavet).

Luar biasa bukan.....  menyandang status yang mempunyai tanggung jawab yang cukup besar
karena selain harus mensejahterahkan hewan juga harus menjaga kesehatan manusia

Salah satu semboyan yang sering didengungkan didunia kedokteran hewan ialah "manusia mriga satwa sewaka" yang artinya mensejahterahkan manusia melalui kesehatan hewan.Tugas yang tentu sangat mulia

hmm...  sekedar update.. dari dulu sampe sekarang. Saya Bangga menjadi dokter hewan

Abses pada sapi

Abses merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada sapi perah. Kondisi abses banyak terjadi pada peternakan sapi perah yang memiliki tingkat sanitasi kandang yang rendah. Abses merupakan kumpulan nanah(netrofil yang mati)yang berada dalam kavitas jaringan tubuh yang biasanya pada daerah kulit dan menimbulkan luka yang cukup serius karena infeksi dari bakteri pembusuk. Abses itu sendiri merupakan reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebar nya benda asing di tubuh. Pada abses terdapat nanah yang terlokalisasi dan dikelilingi oleh jaringan yang meradang. Gejala khas abses adalah peradangan, merah, hangat, bengkak, sakit, bila abses membesar biasanya diikuti gejala demam, selain itu bila ditekan terasa adanya terowongan (Boden 2005).