Selasa, 01 November 2011

Flu kucing (Cat Flu)

Flu kucing atau cat flu merupakan penyakit flu yang biasa ada pada kucing. Penyakit ini dapat disebabkan oleh adanya infeksi Feline Herpes Virus-1 (FHV-1), Feline Viral Rhinotracheitis, ataupun calicivirus. Walaupun pada kucing dewasa flu kucing tidak terlalu berbahaya, namun bila menyerang anak kucing dapat bersifat fatal yang dapat menyebabkan kematian.
Penyakit ini dapat menular melalui kontak dengan virus atau benda-benda yang terpapar agen penyakit seperti tempat pakan dan minum. Selain itu, penyakit ini juga dapat menular melalui air liur kucing, cairan bersin/droplet yang mengandung virus flu kucing.
Masa inkubasi penyakit ini biasanya berkisar antara 10 – 14 hari. Gejala –gejala dari penyakit ini diawali oleh gejala bersin-bersin, pilek, serta demam hingga 410C pada kucing. Selain itu akan terlihat gejala batuk, mata merah bengkak dan berair disertai dengan kerak-kerak pada kelopak mata. Kucing juga akan kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan sehingga terlihat kurus. Radang kornea juga sering timbul dan menyebabkan kucing lebih senang pada tempat gelap sambil menggosok gosokan mata dengan kakinya. Umumnya tanda-tanda penyakit ini akan berkurang setelah 7 hari dan kembali ke kondisi semula pada 2-3 minggu.
Kucing yang terinfeksi cat flu sebaiknya dipisahkan dengan kucing lainya yang masih sehat. Tempatkan kucing pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bersihkan selalu kotoran yang melekat pda hidung dan mata kucing menggunakan air hangat dengan hati-hati. Berikan asupan makanan yang cukup pada kucing. Umumnya kucing dengan kondisi gizi yang baik dapat sembuh dengan sendirinya dari penyakit ini dalam waktu 2- 3 minggu.

Obat dari penyakit flu kucing sampai saat ini belum ditemukan. Namun untuk mencegah adanya infeksi sekunder oleh bakteri dapat diberikan antibiotik. Selain itu untuk mengurangi penyakit pada mata kucing dapat diberikan obat tetes mata. Selain itu pemberian vitamin juga di perlukan untuk mengembalikan nafsu makan kucing. Untuk pengobatan lebih baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter Hewan.

Untuk mencegah penularan penyakit ini pada kucing dapat dilakukan dengan vaksinasi. Pada anak kucing dapat dilakukan vaksinasi pada umur 6-12 minggu, kemudian diulang pada umur 12minggu, setelah itu baru diulang setiap tahun. Walaupun vaksinasi tidak mencegah secara sempurna penularan penyakit ini namun dengan vaksinasi sudah mengurangi resiko kucing tertular flu kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar